4 Skill Utama Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Secara Menyeluruh

Ketika kita berpikir tentang kemampuan bahasa Inggris, ’empat keterampilan’ yaitu listening, speaking, reading, and writing secara langsung akan datang ke pikiran kita. Belajar bahasa itu sangat menyenangkan, apalagi belajar Bahasa Inggris, sangat menyenangkan dan sangat bermanfaat. Bahasa Inggris yang diakui sebagai bahasa internasional sangatlah penting untuk dipelajari, sekarang ataupn nanti, kemampuan Bahasa Inggris pasti akan dibutuhkan.

Saat duduk di bangku sekolah, beberapa mata pelajaran seakan menjadi hantu bagi kebanyakan siswa. Salah satu adalah mata pelajaran Bahasa Inggris ini. Padahal, belajar bahasa itu sangat mudah, apalagi kita orang Indonesia, pasti berbakat untuk mempelajari bahasa, bayangkan saja, sebagian besar orang Indonesia, paling tidak menguasai dan menggunakan dua bahasa, bahasa daerah dan bahasa nasional. Jika ditambah lagi dengan belajar bahasa internasional, bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan.

4 Skill Utama Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Secara Menyeluruh

4 Skill Utama Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Secara Menyeluruh

Balita yang belum dapat berbicara, mereka dengan mudahnya menguasai bahasa hanya dalam hitungan tahun, tidak lama. Sama halnya dengan siswa yang belajar Bahasa Inggris di sekolah, suatu mata pelajaran yang dipelajari secara terus – menerus mulai tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, siswa akan terbiasa dan akan menjadikan belajar Bahasa Inggris itu mudah dan menyenangkan.

Berikut beberapa tips yang berkesinambungan, bagaimana cara belajar dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita.

  • Meningkatkan kemampuan membaca (Reading skills), kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan membaca tulisan dalam Bahasa Inggris, misalnya koran atau majalah. Jika memang kesulitan didapat bisa membaca buku pelajaran ataupun novel dalam Bahasa Inggris. Awalnya mungkin kita akan sedikit kesulitan untuk memahami arti keseluruhan, karena mungkin keterbatasan kosakata, namun lamakelamaan, percayalah, kita akan menjadi terbiasa dan semuanya akan menjadi mudah.
  • Kemampuan menulis (Writing skills), berlatih adalah kunci utama. Menulis dalam Bahasa Inggris, entah satu paragraf atau satu kalimat. Pastikan mempelajari grammar untuk dapat menulis dengan baik. Namun, tidak perlu terlalu khawatir dengan grammar atau aturan tata bahasa yang seakan rumit tersebut, dengan banyak membaca dalam Bahasa Inggris, keahlian menulis dengan tata bahasa yang benar akan mengikuti dengan sendirinya.
  • Kemampuan untuk mendengar (Listening skills), yang paling sering dilakukan adalah mendengarkan musik atau radio dalam Bahasa Inggris. Hal ini mudah sekali untuk dilakukan dan sangat ekonomis. Selain dua hal tersebut, bisa juga dicoba menonton film seri dalam Bahasa Inggris, pada beberapa episode pertama, biarlah terjemahan tulisan dilayar menuntun kita, tapi selanjutnya cobalah tidak menghiraukan tulisan terjemahan yang biasanya ada di bawa layar. Bisa karena biasa, seiring berjalannya waktu, kita akan terbiasa mendengar native speaker berbicara dalam Bahasa Inggris. Secara langsung maupun tak langsung kemampuan mendengarkan percakapan dalam Bahasa Inggris akan meningkat.
  • Kemampuan berbicara ( Speaking skills), speaking sebenarnya juga merupakan hal yang mudah, apalagi untuk orangorang yang memang hobi bercerita. Cara yang paling mudah untuk memperlancar tentunya dengan berlatih. Cobalah cari topik pembicaraan, misalnya ingin menceritakan tentang suatu kejadian kepada seorang teman, ceritakanlah dalam Bahasa Inggris, jika masih malu, lakukan di depan kaca, berbicara dengan diri sendiri, tentunya dalam Bahasa Inggris.
BACA JUGA :   Mengapa harus Belajar bahasa Inggris?

Referensi :

English Skills https://writing.colostate.edu/guides/teaching/esl/eng_skills.cfm