Mengenal jenis variasi types of text

Mengenal jenis variasi types of text

Mengenal jenis variasi types of text

Variasi teks dalam bahasa Inggris atau types of text, itu perlu Anda pelajari jika mau memahami bahasa Inggris dengan lebih baik lagi. Di pelajaran bahasa Inggris, memang terdapat beberapa jenis atau macam text, memiliki nama lain Genre. Pembagian genre ini di bahasa Inggris itu terpengaruh dari beberapa kondisi, yaitu fungsi teks itu, tujuan dari penulis dalam menuliskan teks itu, generic structure atau struktur kebahasaan yang digunakan, dan ciri bahasa apakah yang dipakai di teks tersebut. Mari baca selengkapnya.

Kapan variasi atau types of text dipelajari?

Type text Inggris dipelajari untuk materi pembelajaran utama di sebuah mata pelajaran resmi bahasa Inggris, biasanya dipelajari pada waktu siswa siswi atau pelajar memasuki jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas). Dan sebagian besar waktu yang digunakan ketika sedang mempelajari ini banyak dihabiskan untuk pembahasan language features dan generic structure, di mana itu semua dipakai untuk bahan dalam menyusun sebuah teks. Language features dan Generic structure inilah yang dapat menjadi pembeda antara setiap jenis-jenis English types of text yang ada. Teks dibahasa Inggris terbagi dalam 3 kategori teks utama yakni Description, Narration, dan Argumentation. Di mana ketiganya memiliki perbedaan dan fungsi masing-masing.

BACA JUGA :   Contoh Recount Teks dan Penjelasan

Untuk narration, kategori teks ini dimasukkan dalam kategori narrative text, yaitu recount text, anecdote text, juga news item text. Dan memiliki kegunaan menceritakan sebuah peristiwa plus info pada pembaca mengenai sebuah peristiwa. Sementara itu, yang kedua yakni description, merupakan jenis teks di kategori explanation text, dan report text. Di mana menekankan ke penggambaran sesuatu serta biasanya memakai kata-kata dengan arti berusaha mendeskripsikan sesuatu. Yang terakhir yaitu Argumentation, jenis teks ini dikategorikan dalam argumentative text, seperti Hortatory exposition text, Analytical exposition text, serta Discussion text dan jenis-jenis teks tersebut lebih menekankan ke alasan mendukung maupun mematahkan anggapan maupun fenomena yang memang terjadi. Sekian artikel tentang mengenal jenis variasi types of text, semoga berkenan.