Kemampuan mengetik cepat terkait Tes TOEFL writing

By On Thursday, January 22nd, 2015 Categories : Bahasa inggris, Pembelajaran

Jika Anda melihat, sekarang ini terdapat 2 jenis format tes TOEFL yang umum digunakan, yakni iBT dan PBT. TOEFL PBT merupakan format tes memakai kertas untuk lembar jawabannya, jadi Anda harus menulisnya secara manual, khususnya untuk writing section. Namun, di format PBT, tak ada speaking section. Jika melihat TOEFL iBT, berbeda, di mana tesnya dilakukan secara online memakai komputer, jadi Anda tak harus menulis manual. Di format ujian ini ada speaking section. Dan dari kedua format tersebut, TOEFL iBT ternyata mempunyai keunggulan yang lebih banyak serta paling favorit digunakan. Namun, di dalam TOEFL iBT, ada beberapa kendala masalah teknis juga, terutama masalah kecepatan mengetik di bagian writing section. Khusus Anda peserta yang memang tak terbiasa mengetik cepat menggunakan 10 jari, maka tes sesi “Writing section” dapat menjadi sebuah tes yang lumayan sulit dilalui.

Kemampuan mengetik cepat untuk tes TOEFL writing

Kemampuan mengetik cepat untuk tes TOEFL writing

Tes TOEFL iBT

Jika dilihat dari segi teknis, TOEFL iBT bagian writing ini Anda akan memperoleh 2 buah soal. Di soal pertama, Anda diberikan waktu 20 menit menulis essay mengenai tema yang sudah disediakan, di mana rata-rata jumlah wordsnya antara 150 hingga 225 words. Dan di tugas yang kedua, Anda akan disediakan waktu sebanyak 30 menit, dan diharuskan menulis essay dengan rata-rata jumlah wordsnya hingga 300 words. Jadi, selain memperhatikan total kata, Anda juga harus memperhatikan alokasi waktunya, Anda pun perlu paham jika di TOEFL iBT untuk writing section ini, tak hanya sekadar kemampuan menulis yang harus dipoles, namun juga kemampuan dalam mengemukakan pendapat serta menyusun pendapat dengan cara yang jelas serta mudah untuk dimengerti. Dan melihat dari kesemua aspek tersebut, total alokasi waktu yang disediakan memang tak sebanding apabila dibandingkan dengan jumlah words yang disediakan.

Anda harus mengingat bahwa alokasi waktu disediakan itu tak digunakan hanya untuk mengetik, melainkan juga untuk memahami soal kemudian membuat karangan. Sekian informasi mengenai kemampuan mengetik cepat terkait tes TOEFL writing, semoga berkenan.

Kemampuan mengetik cepat terkait Tes TOEFL writing | winda | 4.5