Cara manjur mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL IBT Listening

Model tes TOEFL IBT sekarang semakin menjamur, dan salah satu dari rangkaian tes tersebut di dalamnya ada tes yang dinamakan TOEFL IBT listening, dan inilah yang akan kita bahas panjang lebar sekarang. Tes ini memang marak digunakan bahkan diakui sebagai standar TOEFL modern yang memiliki standar kualifikasi jauh lebih tinggi. Walaupun memang sudah sesuai dengan standar kualitas lebih baik, tentu saja aspek penilaian dalam tiap-tiap tes pun terbilang jauh lebih mendetail dengan beragam penekanan yang juga lebih mendetail. Itulah alasannya mengapa untuk mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL IBT Listening, sebelum memulainya, Anda harus sudah mempersiapkan diri terlebih dahulu, dibandingkan harus mengikuti tes tanpa persiapan apapun, bahkan persiapan yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan ketika Anda menghadapi tes TOEFL konvensional atau standar. Terdapat beberapa langkah manjur dan efektif supaya Anda bisa meningkatkan kemampuan untuk mendengar serta menangkap gagasan di pembicaraan yang akan Anda dengar pada tes tersebut dengan hasil yang memuaskan, yakni:

Cara manjur mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL IBT Listening

Cara manjur mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL IBT Listening

Asah telinga terbiasa mendengar percakapan bahasa Inggris

Jika Anda sehari-harinya karena tinggal di negara Indonesia, maka dipastikan bahwa telinga dan pikiran Anda sudah terbiasa untuk mendengar percakapan dengan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, Anda perlu latihan untuk terbiasa mendengarkan percakapan menggunakan bahasa Inggris. Anda harus bisa membuat telinga Anda lebih peka terhadap bahasa Inggris. Cara sederhana yang dapat Anda lakukan yakni biasakanlah dengan disiplin dan rutin mendengarkan aneka siaran radio yang menggunakan bahasa Inggris. Jika Anda tak punya radio, itu juga tak masalah, Anda dapat mencoba menonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle.

BACA JUGA :   Tips lulus tes TOEFL iBT speaking

Memakai catatan

Cara kedua yaitu memakai catatan. Anda harus selalu menyiapkan catatan untuk mencatat setiap ide, gagasan, pesan, maupun kalimat kunci yang sudah Anda temukan ketika tes. Itu akan membantu Anda untuk menemukan gagasan utama dari paragraf maupun pembicaraan yang sudah Anda dengar sebelumnya, pada saat Anda perlukan. Sekian informasi tentang cara manjur mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL IBT Listening, ditunggu komentarnya.