Perbedaan present Participle dan Gerund

Present participle dan Gerund jika dilihat sekilas mungkin Anda tidak akan melihat perbedaannya, namun jika diperhatikan lebih lagi, maka Anda akan menemukan perbedaan di antara keduanya. Dan mungkin Anda akan bingung untuk pertama kalinya, sebab keduanya sama-sama termasuk kata kerja dengan akhiran –ing. Yang menjadi perbedaan mendasar dan harus Anda ingat antara present participle dan gerund yakni gerund itu termasuk kata benda, sementara itu present participle dapat menjadi kata kerja sekaligus kata sifat. Dengan mengingat ini, Anda sudah mengetahui dasar perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan present Participle dan Gerund

Perbedaan present Participle dan Gerund

Present participle

Yang pertama yang akan kita bahas yakni present participle. Fungsi present participle dibagi menjadi 2, yaitu sebagai kata sifat dan kata kerja. Fungsi present participle dalam kata kerja akan berada di continous tense, yakni present participle dengan auxiliary verbs, contohnya am, is, have, are, yang membentuk kata kerja secara utuh pada sebuah kalimat. Contoh present participle untuk kata kerja yaitu “Are you joking?”, “I was laughing when he called me”, “He has been sitting there since two days ago”, dan “I am talking with her, not you”. Sementara itu, contoh present participle dalam kata sifat yaitu “I like this snowing time”, “That smiling boy is my friend”.

BACA JUGA :   Apa Jadinya Jika 10 Nama makanan Indonesia Ini diartikan ke Bahasa Inggris, Bener-Bener kocak!

Gerund

Fungsi gerund untuk kata benda dapat beragam, pada sebuah kalimat. Di sebuah kata benda, gerund sendiri bisa berperan sebagai objek, pelengkap, maupun subjek. Contoh gerund sebagai subjek yaitu “Badminton is my hobby”, “Drawing is my favorite subject in School”, dan “Drinking too much is a bad example” Sementara contoh gerund sebagai objek yakni “Do you love shopping?”, “Why did you love playing video games?”, dan “I choose swimming rather than running”, yang terakhir yaitu contoh gerund sebagai pelengkap atau complement yakni “My favorite activity is running on the morning”, “Singing too much is Riki habit”.

Sekian info tentang perbedaan present participle dan gerund, ditunggu komentarnya.