Contoh Recount Teks dan Penjelasan

Masih tentang belajar bahasa inggris Jika sobat membaca artikel ini berarti sobat masih bingung dengan apa yang dimaksud recount dan bagaimana contoh teks nya. saya akan membantu sobat sebisa saya mengenai teks jenis ini semoga bisa berguna.

didalam  recount teks semua peristiwa yang terjadi di ceritakan secara teratur dan rapi berbeda dengan apa yang ada pada narative teks namun masih ada sedikit kesamaan diantara keduanya. untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan pembahasannya.

Pengertian Teks Recount

Pengertisn dari teks recount adalah “a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader.” sebuah teks yang menceritakan sebuah kejadian. tujuannya untuk memberikan informasi atau hiburan pada pembaca.

 

Dalam pembuatan teks recount kalian harus memperhatikan generic structure dari teks ini. adapun hal tersebut seperti dibawah ini:
1) Orientation
Dalam sesi ini berisi dimana kejadian itu terjadi ,siapa saja yang terlibat dalam kejadian tersebut dan apa yang terjadi pada kejadian ini.

contoh : “last week, my friend and i went to jogja. we had so much fun there.”

Arti: ”minggu kemarin saya dan teman saya pergi ke jogja. kami bersenang-senang disana.

Kapan mereka pergi? : “last week”
Siapa yang pergi? : “my friend and i”
Apa yg terjadi? : “we had so much fun”
2) Events
Dibagian ini menceritakan lagi apa yang terjadi. bisa dikatakan menceritakannya secara lengkap beserta urutan ceritanya atau kronologis dari apa yang terjadi disana.

Contoh: “First, we visited Parangtritis beach. The sun shone brightly and the scenery was very beautiful there. We felt the wind blew across to us. We also saw a lot of people in that beach. There were many birds flew in the sky. Also, there were many sellers who sold many kinds of souvenirs. Second, we visited Gembira Loka Zoo.”

Arti : “pertama kami mengujungi pantai parangtritis. matahari bersinar sangat terang dan pemandangannya sangat indah disana. kami merasakan angin berhembus diantara kami. kami juga melihat banyak sekali orang berada di pantai itu. ada banyak sekali burung berterbangan dilangit. disana juga ada banyak sekali pedagang yang menjual bermacam sovenir. kedua kami mengunjungi kebunbinatang gembira loka.”

Itu hanya sedikit penggalan contoh dari events kalian bisa mengisinya dengan kejadian lainnya yang kalian alami selama kalian berada di jogja.
3) Re-orientation
Dalam sesi ini berisi akhir dari cerita atau penutup cerita. saya rasa ini bukan hal yang sulit untuk kalian tulis biasanya berisi kesan kalian saat kejadian itu terjadi.

Contoh; “For me, that was a beautiful day. we really enjoyed it, and I hope I could visit Jogja again.”

Arti: “bagi saya, itu adalah hari yang sangat indah. kami sangat menikmatinya dan saya harap saya dapat kembali mengunjungi jogja.”

Tidak begitu sulit bukan untuk membuat Re-orientation? satu lagi hal yang perlu kalian perhatikan semua kalimat dalam recount teks menggunakan kalimat past tenses, jika kalian belum paham dengan tipe kalimat ini silahkan baca dulu tentang pengertian kalimat past tense.
Nah sekarang anda sudah belajar bahasa inggris dan memahami apa itu recount teks dan bagaimana cara membuatnya. mulailah menceritakan pengalaman pribadi kalian yang benar benar kalian alami, hal ini akan lebih mempermudah kalian dalam membuat teks nantinya.
About these ads

3 thoughts on “Contoh Recount Teks dan Penjelasan

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s